Selasa, 01 September 2015

Khas Daerah di rancah ciamis jawa barat



MAKANAN :
galendo  GALENDO Makanan ini berasal dari ampas minyak kelapa, itu memang identik dengan Ciamis dimana Ciamis merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Jawa Barat.
   
Saroja  SAROJA Saroja ini
bahan-bahannya terdiri dari: Tepung beras, telur, ketumbar, garam dan
bawang putih.
TEMPAT SEJARAH
WISATA
Cipeti Jl.Rancah - Cileungsir Pemandangan ini bisa kita lihat di ranca di daerah Cipeti
Jl.Rancah-Cileungsir

 

SENI DAERAH
Kliningan/Pongdut KLININGAN/PONGDUT Kliningan atau sekarang lebih dikenal dengan nama PongDut (Jainong Dangdut) merupakan salah satu kesenian di daerah Rancah, kesenian ini banyak orang lakukan di waktu acara Syukuran atau Hajatan. Kesenian ini ber-angotakan Nayaga dan juga tentunya Sinden atau Artis.
   
Wayang golek
Sinden
WAYANG GOLEK/SINDEN Sebagaimana alur cerita pewayangan umumnya, dalam pertunjukan wayang golek juga biasanya memiliki lakon-lakon baik galur maupun carangan yang bersumber dari cerita Ramayana dan Mahabarata dengan menggunakan bahasa Sunda dengan iringan gamelan Sunda (salendro), yang terdiri atas dua buah saron, sebuah peking, sebuah selentem, satu perangkat boning, satu perangkat boning rincik, satu perangkat kenong, sepasang gong (kempul dan goong), ditambah dengan seperangkat kendang (sebuah kendang Indung dan tiga buah kulanter), gambang dan rebab.

1 komentar: