Senin, 14 September 2015

Pengertian fotosistem




Fotosistem merupakan suatu unit yang terdiri atas klorofil a, komplek santenedana ke septor elektron yang mampu menangkap energi cahaya (poton) matahari. Jika krolofil hanya menyerap cahaya merah,ungu, dan biru kemudian dipantulkan kembali maka terlihat warna hijau. Warna krolofil dapat berbeda-beda tergantung jenis klorofil dan cahaya yang terserap kemudian dipantulkan.
Ada dua macam krolofil, yaitu sebagai berikut :
·         Klorofil a, yaitu krolofil yang memiliki pigmen warna hijau,pigmen merupakan senyawa kimia yang dapat menyerap cahaya tampak.
·         Klorofil b, yaitu klorofil yang memiliki pigmen warna kuning sampai jingga disebut karoten memiliki struktur mirip dengan klorofil a.
Kloropil a dan pigmen-pigmen lain mengelompok di dalam tlakoidmem bentuk bangunan unit pigmen, klorofil a terletak di tengah bangunan yang disebut sebagai pusatreaksi . Kloropil a memperoleh energicahaya dari akseptor elektron berasal dari sekelompok molekul pada perangkat pigmen yang dapat menangkap elektron cahaya berenergi tinggi disebut antene.
                Elektron yang terlempar keluar orbit berada dalam keadaan tidak stabil yang menyimpan energi tinggi disebut tereksitasi. Dalam keadaan demikian, klorofil berusaha mensulap elektron dari molekul lain dan dalam waktu bersama H20 terpecah menjadi 2H+, OH¯ dan elektron (fotolisis), elektron dari air ini diambil untuk menstabilkan keadaan klorofil kembali.
Aliran elektron

1.      ALIRAN ELEKTRON FOTOSISTEM I BERSIFAT SIKLUS
Cahaya berenergi tinggi yang terserap klorofil a dapat menyebabkan electron (e¯) berasal dari fotosistem ataup700 yang terlempar keluar orbitn ya, pada saat perjalanan elektron (e¯) berasal dari p700 yang terlempar keluar orbit tersebut lalu ditangkap oleh akseptor penerima elektron seperti plastokui onatausitokrom. Kemudian elektron itu pindah ke akseptor lain ,lalu pindah kembali ke klorofil p700 semula.
Apa sih yang dimaksud fotofosforilasi?
Fotofosfolirasi adalah peristiwa bereaksinya senyawa ADP dan asam fosfat menjadi ATP seperti berikut .
                                          ADP   +    Pi  ---> ATP
2.      ALIRAN ELEKTRON FOTOSITEM II BERSIFAT NONSIKLUS
Perjalanan aliran elektron fotosistem II, elektron nya (e¯)jugaberasaldari p700. Elektron (e¯) yang terlempar keluar orbit dan ditangkap oleh akseptor elektron yaitu NADPH2 kemudian elektron (e¯) bersama dengan 2H¯ bersal dari pecahan H2O mengikuti jalannya elektron siklik pindah ke aseptor lain seperti plastosiani natauferedoksin.
Molekul NADPH2dan ATP yang berenergi tinggi digunakan untuk mengubah CO2dan h2O menjadi produk gula (seperti glukosa,maltose , fruktosa dan amilumdan O2.) Proses pembentuk angula (karbohidrat) dapat anda lihat pada siklus calvin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar